Pulau Merah di Banyuwangi : Kuta Kedua di Pulau Jawa

Posted on

Banyuwangi memang bukanlah kota yang terkenal di Jawa Timur, selain hal itu popularitas kota yang satu ini memang tak setinggi kota Malang dan juga Surabaya, sehingga ada banyak sekali masyarat yang berpikiran tak ada hal yang menarik dari Banyuwangi. Bila Anda selama ini juga berpikiran yang sama, maka Anda salah besar, sebab Banyuwangi ternyata mempunyai sebuah pantai indah yang sangat terkenal, pantai tersebut adalah pulau merah. Pulau merah ini berada di desa Sumberagung, kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, atau sekitar 60 km dari kota Banyuwangi.

Akses menuju ke objek wisata pulau merah Banyuwangi
Untuk bisa mencapai pantai yang satu ini maka Anda harus terlebih dulu berkunjung ke kota Banyuwangi, buat Anda yang ada di luar Jawa Timur, bisa memilih penerbangan atau pun kereta yang menuju ke Malang atau Surabaya. Dari Malang atau Surabaya inilah perjalanan Anda akan ditempuh sekitar 8 jam dalam perjalanan darat untuk sampai ke Banyuwangi.

Sesampainya Anda nantinya masih membutuhkan waktu perjalanan sekitar 3 jam untuk bisa menuju ke pantai pulau merah ini. Tapi sayangnya, tak bisa menempuh perjalanan dengan menggunakan transportasi umum untuk bisa ke pantai satu ini, untuk itulah ada baiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil dari Banyuwangi.

Pulau merah, tujuan selancar kelas dunia di Pulau Jawa
Selain menyuguhkan pemandangan sunset yang sangat indah, ternyata pantai pulau merah ini juga jadi tujuan selancar berkelas dunia di Pulau Jawa. Berbeda halnya dengan G Land, yang sebelumnya sudah populer, di pantai ini tak mempunyai banyak bebatuan karang, sehinggga cukup aman bila digunakan sebagai tempat selancar bagi pemula atau professional.

Dikatakan bahwasannya pantai pulau merah ini adalah pantai dengan ciri khas seperti kebanyakan pantai yang ada di Brazil dan mirip sekali dengan pantai kuta Bali. Akan tetapi, pantai pula merah tersebut mempunyai ombak yang bergulun lebih banyak, sehingga memungkinkan para peselancar untuk menggunakan beberapa teknik tertentu. Daya tarik dari objek wisata pantai ini adalah tempatnya yang cukup dekat sekali dengan sebuah desa nelayan. Buat Anda yang suka backpacking, bisa coba menginap di rumah penduduk dan rasakan sensasi kehidupan ala nelayan.

Kegiatan seru di objek wisata pulau merah Banyuwangi
Kegiatan utama yang bisa dilakukan di objek wisata pulau merah ini sudah pasti berselancar. Buat Anda yang masih belum pernah melakukan selancar, tak perlu khawatir mengenai peralatan untuk selancar dan juga instruktur. Sebab di sinilah juga sudah tersedia persewaan selancar dan sekaligus Anda juga bisa belajar berselancar pada instruktur yang ada. Biaya yang harus Anda keluarkan nantinya tidak mahal kok untuk menyewa papan selancar di pulau merah ini. Anda hanya perlu membayar sekitar Rp 25.000,00 hingga Rp 50.000,00 saja.

Kondisi ombak di pulau merah Banyuwangi ini mencapai 4 hingga 5 meter, yang pastinya sangat cocok sekali bagi para peselancar dari berbagai tingkatan. Di pulau merah inilah dasar lautannya berupa pasir yang sangat halus sehingga cukup aman. Sembari berselancar di atas gulungan ombak yang dahsyat, Anda juga bisa menikmat keindahan pemandangan pegunungan hijau dan juga angin yang sangat sejuk.

Perlu Anda ketahui, bahwasannya di tahun 2013 lalu, pulau merah Banyuwangi ini juga dijadika sebagai tempat kejuaraan surfing internasional yang telah diikuti oleh 20 negara dari berbagai dunia. So, buat Anda yang sudah bosan surfing di Pulau Bali, bisa coba sensasi baru surfing yang ada di pulau merah banyuwangi ini. Selain dengan surfing, kegiatan atau pun aktifitas lainnya yang juga bisa Anda lakukan di pulau merah ini adalah memancing. Di sinilah Anda dapat menyewa perahu tradisional untuk memancing di lautan lepas. Tak ada batasan berapa banyaknya ikan yang boleh Anda pancing. Bila beruntung maka Anda bisa mendapat beragam jenis ikan. Akan tetapi pastinya kegiatan ini butuh kesabaran yang ekstra.

Hal menarik yang bisa Anda lakukan di objek wisata pantai pulau merah Banyuwangi ini adalah bermain voli pantai. Selain dengan voli, Anda juga bisa bermain sepak bola. Buat Anda yang hanya ingin santai-santai manja sembari menikmayi pemandangan pantai yang indah, maka Anda bisa berjalan menyusurin pasir pantai sembari menikmati pemandangan para peselancar.

Selain itu, di sini Anda juga dapat menikmati sensasi berjemur dengan alas kursi kayu serta paying peneduh layaknya yang ada di kuta Bali. Pantai pulau merah ini memang menjadi kuta-nya Pulau Jawa yang ternyata juga banyak didatangi para wisatawan domestic dan luar negeri sehingga fasilitas ini disediakan untuk menunjang promosio surfing internasional.

Demikian informasi tentang pulau merah di Banyuwangi, kuta kedua di Pulau Jawa. Semoga saja bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *