Keindahan Surga Tersembunyi, Air Terjun Tumpuk Sewu Lumajang Jawa Timur

Posted on

Kalo membahas tentang keindahan wisata alam yang ada di Indonesia memang tidak ada habisnya, banyak sekali tempat tempat wisata yang indah di Indonesia ini. Selain memiliki berbagai macam wisataa pantai ataupun pegunungan, Indonesia juga memiliki wisata air terjun yang tidak kalah keindahanya dengan tempat tempat wisata lainya.

Di Lumajang Jawa Timur atau tepatnya ada di perbatasan antara Malang dan Lumajang, ada sebuah air terjun yang sangat indah bernam air terjun Tumpak Sewu. Ketinggianya yang mencapai 180 meter menjadi daya tarik tersendiri dari Air Terjun Tumpuk Sewu ini. Letaknya yang berada di ketingian, udara yang sejuk ditambah denga bebatuan di sekitar air terjun membuat suasana di tempat ini begitu sangat indah. Percikan air yang berasal dari air yang sangat jernih ini akan mebuat suasana semakin menyenangkan, apalagi tempatnya yang sangat alami dan bersih akan membuat liburan kalian semakin seru.

Keindahan dari Air Terjun Tumpuk Sewu ini pasti akan membuat takjub setiap mata yang memandangnya, airnya yang mengalir di setiap dinding dinding tebing yang membentuk menyerupai tirai akan menjadi keindahan tersendiri dari air terjun ini. Ditambah dengan rimbunya pepohonan yang berada di atas tebing akan membuat semakin sempurna tempat wisata yang satu ini.

Air terjun ini berjarak sekitar 65 kilometer dari kota Malang yang bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih dua setengah jam menggunakan motor. Perjalanan dilanjutkan dengan n berjalan kaki melintasi trek alam, melewati rimbunya pepohonan di sekiatar rute perjalanan menuju ke air terjun. Setelah berjalan kurang lebih 200 meter kalian akan sampai di sebuah tempat yang bernama Panorama, Dari sini kalian sudah bisa melihat keindahan dari Air Terjun Tumpuk Sewu yang diselimuti hijaunya pepohonan yang lebat serta tebing yang membuat pemandangan semakin cantik. Kalian kan melihat sebuah lubang raksasa yang dialiri air jernih yang berasal dari gunung semeru yang akan membuat takjub setiap mata yang melihatnya.

Untuk bisa sampai di bawah air terjun kalian harus berjalan menurun melewati jalan yang telah disediakan. Jalanan ini masih berbentuk tanah yang licin, jadi kalian harus sangat berhati hati saat melewati jalan ini. Meskipun untuk melewati jalan ini telah disediakan bambu untuk berpegangan, untuk membantu dalam menuruni jalanan yang terjal ini. Bahkan di titik tertentu kalian harus melewati bebatuan yang terdapat aliran air, tapi untuk memjaga keamanan, pengelola dari air terjun ini telah menyediakan tali juga jembatan yang akan mempermudah perjalanan kalian sampai ke lokasi.

Jika kalian datang dari kota Lumajang air terjun ini biasa dikenal warga dengan sebutan dengan Air Terjun Tumpuk Sewu, sedikit berbeda dengan kebanyakan warga Malang yang meyebutnya dengan Air Terjun Coban Sewu. Memang ada sedikit perbedaan dari namanya, tapi artinya tetap aja sama.

Sedikit tips untuk kalian yang mau mngunjungi Air Terjun Tumpuk Sewu ini, datanglah pada musim kemarau agar kalian bisa menikmati keindahan secara lengkap dari air terjun ini. Selain itu pada musim hujan akan sangat berbahaya karena selain jalanya yang licin, aliran air di disini juga kan naik, jadi sangat berbahaya sekali. Satu lagi jangan lupa membawa bekal makanan atau minuman secukupnya, karena di area air terjun tidak ada tempat yang menyediakan makanan ataupun minuman. Dan yang paling penting jagalah keindahan dan kebersihan di lokasi tempat wisata alam ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *