5 Tempat Wisata di Solo Yang Dekat Dengan Stasiun Balapan

Posted on

Kota Solo merupakan salah satu nama kota yang tergolong tua di pulau Jawa. Kota Solo juga mendapat julukan kota Surakarta yang merupakan kota dengan banyak sejarah dan juga budaya nya.

Oleh karena letaknya yang agak berdekatan dengan kota Yogyakarta, maka banyak perusahaan travel membuat paket wisata 2 tempat sekaligus yaitu Yogyakarta-Solo.

Nah, semakin berkembangnya pertumbuhan wisata di kota Solo ini membuat pemerintah daerah Solo semakin mengembangkan bahkan memperbarui banyak tempat wisata di Solo. Ini menyebabkan bertambah banyak nya wisatawan yang datang, mulai dari dalam maupun mancanegara.

Daftar Tempat Wisata di Solo Yang Dekat Dengan Stasiun Balapan

Bicara soal wisata, pasti semua orang ingin tempat wisata yang letaknya mudah dijangkau bukan? Pastinya agar tidak kesulitan saat akan mengunjunginya bersama rekan maupun keluarga. Apabila wisatawan yang datang dari luar daerah dan memakai transportasi umum seperti bis, kereta ataupun pesawat. Langsung saja, kita akan membahas beberapa tempat wisata Solo yang letaknya dekat dengan Stasiun Balapan. Apa sajakah itu? Simak artikel berikut.

Grojokan Sewu Tawangmangu

Tempat wisata pertama yang letaknya dekat dengan stasiun Balapan adalah wisata Grojokan Sewu Tawangmangu yang terletak di desa Sepanjang kecamatan Tawangmangu. Harga tiketnya pun tergolong sangat terjangkau yaitu Rp. 11.500 untuk hari hari biasa dan Rp. 15.000 untuk hari libur dan akhir pekan.

Kita bisa mengunjungi wisata ini yang dibuka mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB. Wisata Grojokan Sewu Tawangmangu ini merupakan wisata air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 81 meter. Wisata ini sangat asri dan menarik karena saat kita menuju lokasi air terjun, kita akan melewati sebuah tangga yang disitu banyak sekali kera kera yang bertingkah lucu dan pastinya aman walaupun tergolong binatang liar. Selain wisata air terjunnya, disana kita juga dapat menikmati wahana menarik lainnya seperti flying fox, mini rafting, waterboom, dan juga outbound.

Lebih menariknya lagi, di area sekitar air terjun ini ada sebuah jembatan yang dinamakan dengan jembatan cinta yang konon apabila sebuah pasangan melewati jembatan ini tidak boleh berhenti di tengah jalan. Apabila tidak sampai seberang dan hanya sampai tengah saja, maka hubungan akan segera berakhir di tengah jalan pula. Sangat unik, bukan? Nah, untuk akses menuju air terjun ini sangat mudah namun memerlukan tenaga yang cukup ekstra. Tapi tenang saja, disini kita akan banyak menjumpai ruko ataupun warung kecil yang menjual makanan dan minuman, jadi anda tidak akan kesulitan apabila lelah ataupun lupa membawa camilan.

Baca juga : 5 Tempat Wisata di Sekitar Keraton Solo Yang Asyik dan Menyenangkan

Ngarsopuro Night Market Solo

Wisata berikutnya yang dekat dengan stasiun Balapn adalah wisata Ngarsopuro Night Market Solo yang terletak di Jalan Diponegoro. Wisata ini merupakan sebuah pasar kuliner dan pusat perbelanjaan yang hanya ada seminggu sekali dan hanya buka pukul 16.00 – 23.00 WIB saja. Jadi, kita harus sangat memanfaatkan waktu yang sangat terbatas ini.

Pasar ini merupakan surga bagi para pecinta kuliner dan bagi yang gemar belanja. Apalagi untuk anda yang sangat menyukai makanan tradisional khas kota Surakarta ini mulai dari nasi liwet, bakso bakar, cambuk rambak, nasi kere, wedang ronde dan masih banyak lagi yang akan memanjakan lidah anda semua.

Pasar malam ini sangat menarik karena ditata dengan sangat unik dan pastinya akan menarik banyak pengunjung. Disini, kita juga akan menemui banyak pegadang yang menjual produk kerajinan asli setempat seperti wayang, batik, hiasan dinding dan kerajinan lainnya.

Museum Purbakala Sangiran

Harga tiket masuknya sangat terjangkau yaitu Rp. 5.000 untuk wisatawan domestik dan Rp. 7.000 untuk wisatawan mancanegara. Wisata yang dibuka pukul 08.00 – 16.30 ini akan memperlihatkan banyak fosil zaman purba. Yang sangat menarik adalah disini terdapat kawasan “Kubah Sangiran” yaitu suatu kawasan yang sudah ditetapkan UNESCO sebagai World Heritage Site karena di lokasi ini banyak ditemukan fosil pada jaman purba.

Pura Mangkunegaran

Harga tiketnya hanya Rp. 5.000 per orang. Wisata ini dibuka mulai dari hari Senin – Sabtu pukul 09.00 – 14.00 dan hari Minggu pukul 09.00 – 13.00. bangunan ini telah berdiri sejak tahun 1757 dengan arsitek yaitu KGPAA Mangkunegara II yang mengkombinasikan gaya asli khas Jawa dan Eropa yang sangat indah dan menawan serta memiliki 2 bangunan utama yaitu Pendopo dan Ndalem yang juga diapit dengan tempat tinggal keluarga raja.

Di tempat ini, wisatawan akan melihat berbagai koleksi benda seni peninggalan sejarah seperti topeng seluruh Indonesia dan topeng dari negara luar yaitu China kitab kuno dari masa kerajaan Mataram sampai Majapahit. Ada juga banyak jenis perhiasan emas dan berbagai koleksi foto Mangkunegoro.

Kampung Batik Laweyan

Wisata yang memiliki luas 24 hektar ini dibagi menjadi 3 blog dan merupakan wisata kampung edukasi yang sangat meneyimpan banyak bersejarah. Lebih uniknya lagi, kampung ini dihuni oleh para juragan batik yang sudah lama melalang buana jadi bisa dibilang mereka sudah sangat berpengalaman dari jaman dahulu. Tepatnya dari zaman kerajaan yaitu tahun 1546 M. Karena sudah berdiri sangat lama, maka rumah-rumah di kampung ini memiliki gaya tradisional Jawa, Eropa sampai China.

Baca juga : 5 Tempat Wisata di Solo dan Sekitarnya

Para wisatawan dapat melihat langsung proses pembuatan kain batik dengan diiringi musik keroncong, karawitan dan juga rebana yang dimainkan oleh grup kesenian setempat. Di tempat ini, anda jangan sampai kelewatan untuk membeli dan mengoleksi kain batik karena batik disini sangat murah dibanding dengan tempat-tempat lainnya.

2 thoughts on “5 Tempat Wisata di Solo Yang Dekat Dengan Stasiun Balapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *