Uji Adrenalin Dengan Wisata Arung Jeram Paling Menantang di Indonesia

Posted on

Bagi yang ingin memacu adrenalin di momen liburan kali ini, wisata arung jeram merupakan pilihan terbaik yang bisa anda coba. Indonesia kaya akan sungai yang khusus untuk arung jeram. Arus sungainya sangat deras dengan medan yang cukup berbatu serta kelokannya yang akan memantik adrenalin para pengunjungnya. Biasanya yang gemar berlibur sembari mencoba sensasi arung jeram adalah para muda mudi yang notabene menyukai tantangan. Wisata arung jeram ini juga cocok untuk menguji kekompakan tim.

Mulai dari Pulau Sumatera sampai bagian timur Indonesia memiliki wahana arung jeram yang menantang. Sungai-sungai yang menjadi tempat olahraga ini juga menjadi salah satu sungai yang kerap dijadikan ajang pertandingan kelas Nasional hingga Internasional. Bagi yang senang menguji adrenalin, tentu saja sangat wajib mencoba derasnya arus sungai dan medan yang dimiliki beberapa tempat arung jeram ini. berikut ini ulasan selengkapnya untuk berbagai pilihan wisata arung jeram di Indonesia.

Wisata Arung Jeram Paling Menantang di Indonesia

1. Arung Jeram Sungai Alas

Lokasinya di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, Nangroe Aceh Darussalam. Sungai Alas memiliki grade 3-4 yang tak hanya berarus deras namun juga memiliki kelokan tajam yang mampu memicu adrenalin. Anda bisa menjajal rute arung jeram mulai dari Angusan sampai Kota Gelombang. Pemandangan alam di sepanjang rute akan semakin menambah semangat anda dan teman-teman dalam mengarungi derasnya arus sungai satu ini.

2. Arung Jeram Sungai Asahan

Grade yang dimiliki sungai yang berada di Sumatera Utara ini adalah 4-5. Bahkan Sungai Asahan kerap menjadi tempat pertandingan arung jeram tingkat Internasional. Sungai dengan aliran air deras dan kelokan yang cukup menantang ini juga disebut sebagai lokasi arung jeram terbaik ketiga di dunia. Anda bisa memulai dari Desa Tangga, Kecamatan Bandar Pulau. Kemudian menyusuri sungai sejauh 22 km dengan berbagai rintangan yang memacu adrenalin.

3. Arung Jeram Sungai Elo

Lokasinya di Desa Blondo, Magelang. Bagi para pemula, arung jeram di sungai satu ini sangat cocok untuk dicoba. Namun meskipun untuk pemula, arus air dan medannya patut anda waspadai karena sungai satu ini memiliki debit air yang cukup deras. Anda memerlukan waktu 2-3 jam untuk menyelesaikan rute arung jeram. Suasana alam yang sangat sejuk mampu merefresh pikiran dan membuat liburan anda tak terlupakan.

4. Arung Jeram Sungai Citarik

Lokasi Sungai Citarik berada di Taman Nasional Gunung Halimun, Cikadang, Sukabumi. Banyak wisatawan yang khusus berkunjung ke taman nasional ini untuk mencoba rafting di sepanjang sungai. Biasanya setiap akhir pekan pengunjungnya selalu padat. grade sungai yang dimilikinya yakni sebesar 3 dengan berbagai rute yang ditawarkannya. Untuk menyelesaikan rafting, anda memerlukan waktu 1 jam dengan jarak 5 km. Bahkan ada yang sampai berjarak 17 km dengan waktu tempuh 4 jam.

5. Arung Jeram Sungai Lamandau

Lokasinya di Desa Riam Tinggi, Kecamatan Delang, Kabupaten Lamandau. Karakteristik sungainya berukuran lebar dengan sisi kanan dan kiri penuh dengan pepohonan hijau dan menjulang khas hutan tropis. Pengalaman menaklukan arus sungai tentu sangat mengesankan. Tak hanya airnya yang sejuk. Anda juga akan dimanjakan dengan segarnya udara khas pegunungan dan suasana yang cukup tenang. Selain memacu adrenalin, tempat wisata satu ini juga cocok untuk menyepi sejenak dari keramaian.

Baca juga : Liburan Bersama Keluarga ke Waterpark Terbaik di Indonesia

Nah itu dia beberapa pilihan wisata arung jeram paling menantang di Indonesia. bagaimana, anda tertarik untuk mencobanya?.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *