Tempat Wisata di Bandung Ciater

Posted on

Ciater merupakan salah satu kecamatan baru hasil dari pemekaran dari kecamatan Jalancagak yang terletak di kabupaten Subang, Jawa Barat. Daerah Ciater terletak cukup strategis diantara jalan utama kota Bandung dan Subang yang melintasi daerah dataran tinggi dengan didominasi kebun teh yang dingin dan udara yang sangat sejuk. Meskipun daerah Ciater tak terlalu besar tetapi daerah ini memiliki satu keistemewaan yang sangat unik sehingga sering dikunjungi oleh tamu dari berbagai daerah.

Tempat Wisata di Bandung Ciater

Keistimewaan tersebut ada pada objek wisata pemandian air panas yang sudah menjadi ikon utama masyarakat Ciater dalam mengelola potensi alam daerahnya. Pemandian air panas yang merupakan tempat wisata di Ciater ini terletak di kaki Gunung Tangkuban Perahu atau merupakan tapal batas kabupaten Subang dan kabupaten Bandung Barat.

Air panas di pemandian air panas Ciater mempunyai kandungan belerang, airnya yang hangat dan tak terlalu terasa sangat panas sehingga membuat para pengunjung yang datang dan berendam merasa ketagihan untuk kembali. Selain itu beberapa pengunjung juga meyakini bahwa air panas dari pemandian air panas Ciater bisa menyembuhkan berbagai penyakit terutama penyakit kulit, sehingga para pengunjung menjadikan destinasi tempat wisata di Ciater ini tak hanya sekedar rekreasi tetapi juga sarana untuk pengobatan.

Sebagai sebuah kawasan wisata yang cukup ramai, pemandian air panas Ciater cukup rapih tempatnya dan luas. Di sini kita dapat memilih sendiri jenis kolam yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan dari mulai kolam massal yang berada di bawah dan memiliki luas yang standar, lalu kolam yang besar terletak berada di paling atas dan paling bersih hingga kolam privat personal yang hanya bisa dinikmati oleh individu.

Untuk mengundang banyaknya pengunjung yang datang dari berbagai daerah di luar kota, di sekitar Kawasan pemandian air panas Ciater juga terdapat banyak di temukan berbagai macam penginapan/ hotel dari mulai penginapan yang sangat terjangkau harganya hingga hotel yang cukup nyaman dan mewah. Di hotel nanti kita juga bisa menikmati fasilitas air panas karena hotel di Ciater umumnya terintegrasi dengan sumber air panas Ciater yang hangat dan nyaman.

Dan juga jika anda lapar, di kawasan wisata Ciater ini sudah tersaji beberapa kuliner yang daat Anda coba satu-satu. Banyak tersedia warung dan restoran yang menyajikan masakan khas seperti sate dan sop kelinci. Belum pernah makan sop kelinci? Cobalah datang ke Ciater. Jangan kaget juga kalau di sepanjang jalan menuju Ciater ini anda akan menjumpai banyak pedagang yang menjual buah nanas, karena memang buah nanas sendiri merupakan salah satu buah yang jadi kebanggaan masyarakat Subang.

Waktu yang paling tepat untuk menikmati pemandian air panas Ciater adalah saat hujan turun atau gerimis, karena cuaca di luar yang dingin akan terbungkus dengan kondisi air panas yang hangat. Sehingga wajar akhirnya selain ramai saat siang dan sore hari saat malam hari pemandian air panas Ciater juga tetap ramai dikunjungi oleh pengunjung yang ingin menikmati sensasi kehangatan pemandian air panas Ciater ini.

Untuk bisa mengunjungi tempat wisata di Ciater yakni kolam pemandian air panas ini cukup mudah untuk dijangkau. Dari pusat Kota Bandung menuju Ciater ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 90 menit. Untuk memudahkan perjalanan diharapkan anda membawa kendaraan pribadi. Tapi kalaupun Anda harus naik angkutan umum anda bisa naik mulai dari Terminal Ledeng menuju Lembang. Sampai di terminal bus Lembang Anda naik lagi ke angkutan umum jurusan Subang. Begitu Anda bnerhenti di Jalan Cagak Desa Ciater maka di daerah situlah kawasan pemandian air panas Ciater.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *