Menikmati Es Goyobod, Kuliner Segar Khas Kota Bandung

Posted on

Bandung, Sebagai salah satu destinasi wisata kuliner terbaik di tanah Sunda menawarkan beragam Kuliner Khas Kota Bandung yang siap memanjakan lidah dan mengenyangkan perut para wisatawan. Kuliner yang wajib dinikmati tidak hanya makanan, namun juga minuman yang berbeda rasanya jika dinikmati di tempat lain. Di kota Bandung terdapat minuman yang masih jarang dijumpai di tempat lain, yakni es goyobod.


Es Goyobod Khas Bandung

Es goyobod merupakan minuman tradisional khas Sunda yang terbuat dari tepung sagu aren yang dibuat menjadi seperti agar-agar, hunkeu, nangka, peyeum, dan kolang-kaling yang dicampurkan ke dalam santan kental. Untuk semakin mempercantik tampilan, di permukaan atas es goyobod diberi serutan es dan susu kental manis. Selain menyegarkan tenggorokan di cuaca yang panas, minuman ini mempunyai tampilan yang begitu cantik, sehingga membuat siapapun yang melihatnya ingin mencobanya. Minuman cantik ini begitu digemari masyarakat Bandung sebagai menu utama berbuka puasa setiap bulan Ramadhan tiba.

Kedai Es Goyobod Kiliningan

Bila wisatawan ingin menikmati es goyobod khas Bandung, silahkan datang ke jalan Kiliningan, Buah Baru, Bandung karena lokasi tersebut merupakan pusat pedagang es goyobod. Para pedagang menjajakan es goyobod di sepanjang pinggir jalan, sehingga tidak akan kesulitan untuk mendapatkan segelas es segar ini. Sebagai pusat jajanan, kawasan ini setiap harinya selalu dikunjungi oleh banyak orang yang ingin membeli jajanan, khususnya es goyobod. Salah satu gerobak es goyobod yang begitu terkenal di kawasan jalan Kiliningan ini yaitu GOKIL. Nama gokil merupakan kependekan dari goyobod Kiliningan. Gerobak gokil banyak dikerubungi oleh para pembeli karena selain lokasinya yang strategis juga menawarkan harga yang murah untuk segelas es goyobod.

Bila wisatawan ingin menikmati es goyobod di gerobak gokil, silahkan datang antara pukul 10 pagi hingga menjelang maghrib. Kuliner Khas Kota Bandung ini pun memilik harga yang cukup, yakni hanya delapan ribu rupiah per gelasnya. Gerobak gokil yang begitu digemari oleh para pembeli membuat berbagai pedagang lainnya seperti batagor, risoles, dan cireng juga membuka dagangannya di dekat gerobak es ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *