6 Tempat Wisata Alam di Solo dan Sekitarnya

Posted on

Pada pembahasan kali ini, saya akan membahasa tempat wisata alam yang ada di Kota Solo dan di Sekitarnya. Di Solo ini terdapat berbagai tempat wisata alam yang tidak kalah indahnya dengan tempat wisata alam yang lainnya.

Kota Solo terkenal dengan kota maju, dengan begitu pastinya anda tidak menyangka kalau di Kota Solo terdapat tempat wisata alam. Dengan adanya tempat wisata alam yang indah ini, dapat memanjakan turis lokal ataupun turis mancanegara.

Daftar Tempat Wisata Alam di Solo dan Sekitarnya

Berikut ini merupakan tempat wisata alam di Solo dan sekitarnya yang bisa anda kunjungi saat liburan.

Wisata Taman Bunga atau Bono Park

Wisata Taman Bunga ini di kenal dengan nama Bono Park, tempat wisata ini berada di Dukuh Gading Kulon, Desa Bono, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Pada saat anda memasuki tempat wisata ini, nantinya anda akan di suguhkan hamparan bunga yang memiliki jarak kurang lebihnya 1 kilometer.

Pada warga sekitar, Taman Bunga ini awalnya di tanam bunga jenis refugia, yang berfungsi untuk mengusir hama padi. Bunga ini di tanam di sepanjang jalan yang berada di sekitar lahan pertanian, yang memiliki luas sekitar 100 hektar. Karena bunga yang di tanam itu indah, sehingga lokasi ini menjadi tempat wisata untuk wisatawan.

Gunung Besek

Gunung Besek ini berada di Dusun Setren, Desa Bugelan, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri. Gunung Besek ini merupakan tempat wisata alam yang unik dan cukup ekstrem, puncak Gunung Besek ini berupa bongkahan – bongkahan batu yang memiliki ukuran besar yang bertenggeran di atas tebing – tebing yang curam.

Dari sinilah, wisatawan bisa melihat keindahan bentang alam yang ada di Kota Solo. Duhulunya Gunung Besek di jadikan tempat untuk menjemur gabah, singkong dan hasil bumi yang lainnya oleh warga setempat. Dinamakan Gunung Besek ini karena bebatuan yang besar menyerupai besek (wadah makanan yang terbuat dari anyaman bambu).

Baca juga : Yuk Intip Keindahan Wisata Gunung Lawu

Bendungan Colo

Bendungan Colo ini berada di Desa Pengkol, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Tempat wisata ini memiliki luas area sekitar 32.200 hektar. Tempat wisata ini bisanya di jadinya tempat untuk memancing, bagi anda yang suka memancing, anda bisa memancing di sini. Pada saat musim kemarau tiba, bendungan inii mengalami penurunan debit air yang cukup banyak.

Kali Talang

Kali Talang Balerante ini berada di Balerante, Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Untuk memasuki kawasan ini, anda harus membeli tiket dengan harga Rp 3000 per orangnya, tempat wisata ini buka 24 jam.

Geopark Batu Seribu

Geopark Batu Seribu ini berada di Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia. Tempat wisata ini buka pada jam 07.00 dan tutup pada jam 17.00, untuk tiket masuknya dengan harga Rp 3000 per orangnya. Di tempat wisata ini terdapat fasilitas berupa kolam renang, pemandian sendang, outbond, warung makan, panggung kesenian dan masih banyak lagi. Dulunya tempat wisata ini bernama Pacinan.

Grojogan Sewu

Grojogan Sewu ini berada di desa Matesih, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, untuk memasuki kawasan ini, anda harus membeli tiket dengan harga Rp 17.000. grojogan Sewu ini di ambil dari bahasa jawa yaitu Grojogan yang memiliki arti air terjun dan sewu yang memiliki arti seribu. Air terjun di Grojogan Sewu ini memiliki tinggi sekitar 80 meter.

One thought on “6 Tempat Wisata Alam di Solo dan Sekitarnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *