Waduk Cengklik

5 Daftar Wisata di Solo Instagramable

Posted on

Kota Solo ini sudah terkenal dengan kota budaya, karena dahulunya Kota Solo masuk dalam wilayah Kerajaan Mataram dan menjadi Pusat Pemerintahan. Kejaraan Mataram ini juga terbagi menjadi dua bagian, yaitu Kasunanan Yogyakarata dan Kasunanan Surakarta, karena itu terdapat Perjanjian Giyanti pada tahun 1775.

Kota Solo juga menjadi daya tarik para wisatawan, karena memiliki beragam tradisi yang masih di lestarikan, selain itu juga terdapat berbagai wisata alam, sejarah, budaya, edukasi, dan hiburan yang bermacam-macam, tentunya akan membuat anda tertarik untuk mengunjunginya.

Apabila kamu berkunjung ke Kota Solo, anda tidak perlu khawatir, anda kecapeaan, di sini juga terdapat fasilitas berupa bus tingkat yang memiliki nama Werkudoro, selain itu juga terdapat perahu kayu, untuk melihat keindahan Sungai Bengawan Solo. Yang lebih enaknya lagi, anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata yang bagus-bagus di Kota Solo.

Daftar Wisata di Solo Instagramable

Untuk anda yang suka sekali dengan berfoto foto, atau anda yang menjadi instagramble, anda tentunya harus mengunjungi tempat wisata yang tidak kalah kerennya dengan tempat wisata yang lainnya, apakah anda penasaran? Simak penjelasan saya berikut ini.

Waduk Cengklik

Waduk Cengklik

Waduk Cengklik ini berada di Kabupten Boyolali tepatnya di Jln Raya Waduk Cengklik, Kec Ngemplak,. Jika anda ingin berwisata ke Waduk Cengklik, anda hanya membayar tiket dengan harga Rp 2000 per orangnya. Waduk Cengklik buka 24 jam.

Waduk Cengklik ini di bangun pada tahun 1926-1928 oleh Pemeritah Kolonial Belanda dan Keraton Mangkunegara, Solo. Waduk ini banyak yang menyebutnya dengan istilah bendungan atau tanggul.

Keraton Kasunanan Hadiningrat

Keraton Kasunanan Hadiningrat ini bangun oleh Susuhan Pakubuwono II pada tahun 1744, Keraton ini di bangun untuk menggantikan Keraton Kartasura yang sudah rusak akibat Geger Pecina pada tahun 1743.

Keraton Kasunanan Hadiningrat memiliki area dengan luas 54 area dan terdapat banyak patung, senjata dan juga pusaka kerjaaan. Salah satu yang menjadi daya tarik para wisatawan di tempat ini adalah Menara Sanggabuwana.

Tempat ini buka pada hari Senin – Kamis jam 09.00 – 14.00 WIB, pada hari Sabtu – Minggu jam 09.00 – 15.00 WIB, pada hari Jumat libur. Dan untuk memasuki tempat wisata ini anda harus membeli tiket, untuk tiket domestik dengan harga Rp 10.000, domestik rombongan dengan harga Rp 8000, wisatawan asing Rp 15.000.

Candi Ceto

Candi Ceto ini berada Kabupaten Karanganyar tepatnya di Desa Gumeng, yang ada di Kec Jenawi. Apabila anda akan berkunjung ke tempat ini anda harus membeli tiket dengan harga Rp 7000. Candi Ceto buka pada pukul 07.00 dan tutup pada pukul 17.00.

Bukit Cumbri

Bukit Cumbri ini berada di Kabupaten Wonogiri tepatnya di dusun Kepyar, desa Purwantoro, Pagerukir dan kecamatan Sampung. Tempat wisata ini buka 24 jam.

Bukit Cumbri mempunyai dua puncak yang mengahadp ke arah barat dan mempunyai ketinggan yang lebih rendah dari puncak yang menghadap ke arah timur. Bukit Cumbri ini mempunyai struktur tanah yang rata, sehingga anda harus berhati hati.

Umbul Tirtomulyo

Umbul Tirtomulyo ini berada di Kabupaten Boyolali tepatnya di dusun Gombong, Sawit, Kemasan, kecamatan Sawit,. Jika akan memasuki kawasan ini anda harus membeli tiket dengan harga Rp 5000, tempat wisata ini buka pada jam 08.00 sampai jam 04.00.

Baca juga : 6 Tempat Wisata Alam di Solo dan Sekitarnya

Sekian artikel yang dapat saya jelaskan, semoga bermanfaat untuk anda semua, selamat berkunjung.

2 thoughts on “5 Daftar Wisata di Solo Instagramable

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *