Tips Wisata Aman Sebelum Telusur Pulau Komodo

1 views

Berwisata ke berbagai tempat wisata yang ada di Nusa Tenggara nampaknya menjadi salah satu impian sebagian besar orang. Begitu juga dengan Anda? Nusa Tenggara memang punya banyak potensi wisata yang dapat Anda temukan. Salah satunya Anda akan bisa temui pulau Komodo kalau sedang melakukan perjalanan wisata di Nusa Tenggara.

Pulau Komodo memang menjadi daya tarik utama tentang wisata di Nusa Tenggara karena pulau ini telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu keajaiban dunia yang berada di wilayah negara Indonesia. Mungkin Anda ingin berwisata menuju wisata Pulau Komodo? Lantas seperti apa tips wisata aman ke Pulau Komodo yang dapat Anda terapkan? Langsung saja yuk cek informasi lengkapnya berikut ini

Tips Wisata Aman Sebelum Telusur Pulau Komodo

Hindari bersuara terlalu kencang

Ketika Anda sedang melakukan perjalanan wisata di Pulau Komodo, upayakan untuk Anda coba hindari bersuara terlalu kencang karena hal ini akan membuat gaduh karena pendengaran komodo memang sangat tajam. Hewan reptil yang satu ini juga dapat membantu dalam mengikuti sumber suara yang terdengar.

Dekati 8 – 10 meter untuk berfoto

Sudah berhasil menginjakkan kaki di Pulau Komodo, memang rasanya tidak lengkap sekali kalau kemudian tidak berfoto dengan spot utama pulau ini yaitu hewan komodo. Apakah boleh berfoto dengan komodo? Jika memang Anda ingin sekali untuk mengajak komodo berfoto, ada baiknya Anda mendekati komodo sekitar 8 sampai dengan 10 meter dan tentunya selalu ditemani bersama local ranger. Untuk memotret yang satu ini memang dibutuhkan kehati – hatian yang lebih walau didampingi local ranger sekalipun karena Anda harus tahu bahwa komodo merupakan hewan yang punya insting tidak dapat diprediksi. Sedikit kecerobohan saja akan berakibat sangat fatal.

Jangan berlari atau membuat gerakan tiba – tiba

Upayakan untuk Anda jangan sampai berlari atau membuat gerakan secara tiba – tiba apalagi di depan komodo karena gerakan yang secara tiba – tiba ini akan dapat mengusik komodo dan mungkin membuat Anda akan dikejar oleh komodo ini.

Lari zigzag

Lalu bagaimana kalau ternyata tanpa kita sadari si komodo sudah mengejar kita? Tentu Anda tidak ingin habis diterkam si komodo ini bukan? Anda baiknya untuk Anda berlari zigzag dan kemudian naik ke tempat yang lebih tinggi karena ini adalah pilihan terbaik jika Anda terlanjur di kejar si komodo. Anda juga dapat naik ke rumah panggung dimana local ranger dan polisi hutan beristirahat. Ada baiknya seperti yang disarankan oleh local ranger ketika sudah diikuti komodo, Anda berlari zigzag karena berlari zigzag akan sangat sulit diikuti oleh komodo. Anda dapat berlari bahkan sampai 18 km perjam.

Jangan pisah dari rombongan

Upayakan jangan sampai Anda berpisah dari rombongan atau justru memisahkan diri dari local ranger. Karena komodo dengan warna kulit yang bisa menipu mata sehingga Anda harus berhati – hati ketika sedang melakukan trekking.

Kalau sedang haid, wajib hati – hati penuh

Ketika Anda memang sedang haid, upayakan untuk Anda berhati – hati karena Anda harus tahu bahwa penciuman komodo sangat tajam atas bau darah yang tercium amis. Upayakan Anda bicarakan dengan local ranger supaya Anda diberikan pengarahan.

Baca juga : Wisata Indonesia Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur 

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang Tips Wisata Aman Sebelum Telusur Pulau Komodo. Semoga menjadi sebuah informasi yang bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *