Tips Mendaki Gunung Ketika Berpuasa

1 views

Puasa memang merupakan hal yang wajib dilakukan bagi seorang umat muslim. Puasa dilakukan dengan menahan rasa lapar, menahan hawa nafsu mulai dari terbit fajar sampai dengan terbenamnya matahari. Memang akan ada banyak tantangan yang perlu kita hadapi dan takhlukkan selama melakukan puasa.

Lalu bagaimana ya kalau ketika berpuasa hasrat hati ingin mendaki gunung? Memang tantangan plus – plus akan dihadapi. Apalagi kalau di tengah mendaki, rasa haus tiba – tiba muncul. Tetapi tak seperti biasanya yang kita dapat minum kapan saja karena ketika berpuasa kita bisa minum ketika matahari terbenam. Karena itu berbagai persiapan supaya mendaki gunung sukses dan juga berpuasa juga sukses perlu Anda siapkan secara benar – benar matang. Lantas seperti apa tips mendaki gunung ketika berpuasa? Berikut ini kami akan berikan informasi lengkapnya untuk Anda.

Tips Mendaki Gunung Ketika Berpuasa

Mantapkan niat Anda untuk mendaki

Ini merupakan aspek pertama yang sangat penting. Upayakan untuk Anda coba mantapkan niat mendaki gunung ketika Anda sedang berpuasa. Dan hal ini juga akan membuat Anda merasa sangat bersemangat dan akan merasa pantang menyerah ketika melakukan aktivitas pendakian. Jangan pernah Anda berpikir tentang fisik Anda tetapi pikirkan bagaimana caranya sampai di puncak dengan selamat supaya menambah energi Anda secara tidak langsung.

Pilih jalur pendakian yang ringan dan lebih mudah dicapai

Walaupun notabennya Anda penyuka sesuatu hal yang ekstrim, akan tetapi ketika mendaki di bulan puasa, Anda harus berpikir dua kali. Upayakan Anda pilih jalur pendakian yang memang ringan dan punya medan yang relatif mudah untuk dilalui karena hal ini tidak hanya akan sangat menguntungkan bagi Anda karena juga akan sangat menguntungkan di bulan puasa. Ketika Anda sedang berpuasa akan menguras energi tubuh dengan cepat karena itu sangat disarankan agar jalur yang mudah dilalui untuk Anda pilih supaya energi tubuh Anda juga tidak sampai terkuras habis.

Bawa bekal makan dan minum yang bergizi

Ini adalah tips ketiga yang Anda perlu lakukan. Ada baiknya untuk Anda bawa perbekalan berupa makanan dan juga minuman yang cukup dan yang bergizi karena ketika Anda sedang berpuasa nantinya Anda hanya diperbolehkan untuk makan dan juga minum setelah matahari terbenam sampai ketika matahari terbit. Karena itu coba untuk Anda jadwal asupan gizi yang seimbang di segala aspek.

Lakukan pendakian ketika malam atau pagi hari

Cara yang satu ini juga merupakan suatu trik yang sangat krusial untuk dapat melakukan pendakian ketika sedang berpuasa. Karena di saat siang hari matahari akan begitu terik dan juga suhu udara akan cukup tinggi. Akibatnya nanti energi pada tubuh Anda akan terkuras habis dan Anda juga akan cepat merasa lelah. Karena itu pendakian malam hari untuk Anda yang berpuasa akan sangat disarankan.

Bawa peralatan dan perlengkapan seperlunya saja

Hal ini juga sangat penting. Jangan bawa semua barang karena bobotnya akan sangat berat. Ada baiknya untuk Anda bawa secukupnya saja agar tidak memberatkan Anda. Anda bisa bawa perlengkapan pendakian yang paling diperlukan dan ringan seperti halnya sleeping bag, tenda, pakaian hangat dan sebagainya.

Lakukan pendakian ketika tubuh sudah beradaptasi dengan puasa

Hal ini juga sangat penting. Jika memang Anda melakukan aktivitas pendakian ketika di awal pertama atau di minggu pertama bulan puasa, maka ini akan membuat tubuh Anda merasa cepat lelah karena masih belum terbiasa untuk berpuasa. Akan sangat disarankan jika pendakian yang dilakukan sekitar 10 sampai dengan 20 hari ketika tubuh Anda sudah beradaptasi dengan puasa yang Anda lakukan.

Baca juga : Tips Mendaki Gunung Bersalju yang Anda Harus Tahu

Bagaimana? Sudah niat dan punya tekad untuk mendaki di bulan puasa? Semoga informasi yang kami berikan diatas untuk Anda tentang Tips Mendaki Gunung Ketika Berpuasa bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *