Sejarah dan Hal Menarik di Objek Wisata Candi Borobudur

Posted on

Nama Candi Borobudur ini pastinya sudah tidak asing lagi kan ditelinga kita? Ya, candi yang juga disebut sebagai kompleks candi Buddha terbesar di Indonesia bahkan juga terbesar di dunia, yang mana UNESCO telah menetapkannya sebagai salah satu situs warisan dunia di tahun 1991. Selain dijadikan sebagai cagar budaya dunia, Candi Borobudur ini juga jadi salah satu tempat wisata yang paling banyak menarik perhatikan wisatawan domestik dan mancanegara. Tempat yang memiliki luasan sekitar 123 x 123 meter persegi dan terdiri atas 10 tingkat ini tersusun dari balok vulkanik yang membentuk sekitar 504 arca, 72 stupa, dan sebuah stupa induk yang berukuran besar di bagian puncaknya. Uniknya, balok-balok ini tersusun tampa memakai perekat atau semen.

Candi Borobudur ini juga disebut sebagai salah satu mahakarya terbesar manusia di sepanjang sejarah. Yang mana susunan balok vulkanik dan juga pahatan reliefnya adalah sebuah karya seni yang tidak tertandingin nilainya. Bahkan tempat ini juga jadi bukti kemajuan peradaban manusia di zaman dahulu dalam bidang teknologi, arsitektur, dan juga seni sastra.

Tidak hanya bangunan candnya yang menarik perhatian, tetapi juga pemandangan alam yang ada di sekitarnya. Yang mana disebelah selatan candi terdapat sebuah bukit manoreh yang bila dilihat bentuknya mirip dengan seseorang dalam posisi tidur, selain itu masih ada gunung sindoro, gunung sumbing, gunung merapi, dan gunung merbabu yang mengelilingi bangunan yang megah ini.

Sejarah Candi Borobudur yang harus diketahui

Candi Borobudur ini diperkirakan mulai dibandung di masa Dinasti Syailendra atau sekitar abad ke 9 di bawah pemerintahan Raja Samaratungga. Arsitek pembangunan kompleks candi ini bernama Gunadharma yang telah berhasil merancang bangunan yang luas biasa tersebut, walaupun tidak mengenal sistem komputer dan juga teknologi canggih yang lain. Pembangunan kompleks candi ini bisa diselesaikan sekitar 50 hingga 70 tahun kemudan. Nama Borobudur sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yakni Vihara Buddha Uhr yang artinya Biara Buddha di bukit.

Di masa itulah Candi Borobudur ini jadi pusat kegiatan keagamaan terbesar, yang hingga saat masuknya pengaruh Islam di abad ke 15. Yang mana cand ini mulai ditinggalkan oleh masyarakat yang berlalih ke agama Islam. Kemudian Candi Borobudur ini makin terlupakan ketika terjadinya letusan gunung merapi yang membuatnya terkubur oleh abu vulkanik. Namun, sejak ditemukanya kembali, pemugaran serta berbagai usaha rekonstruksi candi dilakukan, dengan bantuan dari UNESCO dan juga para ahli sejarah budaya dari berbagai dunia.

Hal menarik yang bisa dilakukan di objek wisata Candi Borobudur

Mempelajari seni budaya dan sastra

Bila Anda memang menyukai seni budaya dan sastra, ada di Candi Borobudur pasti akan jadi pengalaman yang sangat menarik. Sebab di sini Anda dapat membaca dan mengamati panel relief yang telah tergambar di dinding candinya.

Hunting foto

Tempat ini memang menawarkan banyak sekali objek foto yang sangat menarik untuk Anda, dan penggemar fotografi. Silakan Anda coba untuk berkeliling kompleks candi ini dan temukanlah angle yang pas untuk berfoto. Candi Borobudur ini juga dikenal mempunyai pemandangan matahari terbit dan juga terbenam yang sangat menawan. Silakan Anda datang di waktu yang tepat, dan jangan lupa untuk menyiapkan kamera Anda  untuk mengabadikan pemandangan cantiknya.

Berburu suvenir

Sepertinya tidak lengkap rasanya bila mengunjungi tempat wisata tanpa membeli suvenir khasnya. Tidak jauh dari kompleks Candi Borobudur ini terdapat sederetan kios suvenir, di sini Anda dapat membeli beragam barang, mulai dari kaos, topi, tas, miniatur candi, hingga gantungan kunci. Harga yang ditawarkannya pun sangat bervariasi, silakan Anda gunakan kemampuan dalam menawar sebaik mungkin.

Berkeliling kompleks Candi Borobudur

Di kompleks ini juga terdapat pelataran hijau yang cukup luas yang dapat Anda jelajahi. Selain dengan berjalan kaki, Anda juga dapat menyewa sepeda untuk berkeliling tempat wisata ini. Apa Anda membawa anak kecil saat liburan di Candi Borobudur? Cobalah untuk naik kereta kelinci yang pastinya akan disukai anak-anak.

Baca juga : Pesona Keindahan Pantai Sepanjang Jogja

Itulah tadi sejarah dan hal menarik di objek wisata Candi Borobudur yang bisa kami informasikan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *