Pulau Tidung, Surga Wisata Kepulauan Seribu

Posted on

Akan selalu ada kekayaan alam Indonesia yang bisa Anda kagumi akan keindahannya. Dan kali ini tempat wisata alam yang patut Anda kunjungi adalah Pulau Tidur. Kira-kira apa Anda sudah tahu di mana sih letak dari Pulau Tidung tersebut? Pulau Tidung ada di dalam gugusan Kepulauan Seribu.
Apabila anda tinggal di Jakarta dan sekitarnya, maka tempat Pulau Tidung ini pastinya tak terlalu jauh, sehingga tidak ada salahnya untuk sejenak menghabiskan waktu liburan Anda dengan suasana yang berbeda. Apabila yang biasanya Anda akan habiskan waktu liburan dengan cara berkeliling sebuah mall saja, coba sesekali untuk menyeberang dengan menggunakan kapal feri mulai dari pelabuhan Muara Angke, atau pun dengan menggunakan speed boat dari Marina, Ancol.


Ada di Pulau Tidung ini, bersiapkan untuk berdecak kagum saat melihat keindahan pulau dengan luasan 109 hektar tersebut. Pulau Tidung ini terbagi jadi dua bagian utama, yakni Pulau Tidung besar dan juga Pulau Tidung Kecil. Yang mana kedua pulau tersebut telah dihubungkan oleh sebuah jembatan yang cukup fenomenal.
Hal unik di Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil

Untuk pulau Tidung Besar merupakan salah satu kawasan pemukiman warga, yang mana warga di sini banyak sekali yang berprofesi sebagai nelayan pemandu wisata atau pengelolah penginapan. Sebab jadi kawasan pemukiman, di sinilah juga sudah banyak ditemukan berbagai fasilitas umum, seperti klinik, sekolah, pasar, dan kantor pemerintahan daerah setempat. Jumlah dari warga yang tinggal di pulau ini adalah jumlahnya paling besar diantara pulau-pulau yang ada di dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu.

Sedangkan di Pulau Tidung Kecil ini Anda dapat menikmati sebuah keindahan alam yang sangat luar biasa. Berbeda halnya dengan Pulau Tidung Besar yang banyak dihuni warga, jika di Pulau Tidung Kecil ini tak berpenghuni. Anda di sini dapat menikmati suasana yang sangat tenang, damai, dan juga melupakan rutinitas harian Anda. Di sini juga ada sebuah hutan bakau yang memang sengaja dikembangkan warga untuk hindari abrasi pantai. Ombak yang ada di Pulau Tidung Kecil ini sangat tenang sekali, sehingga menjadikan Anda tidak perlu lagi khawatir bila memang ingin berenang.

Snorkeling jadi kegiatan favorit di Pulau Tidung
Selain dengan berenang, Pulau Tidung ini ternyat masih menawarkan banyak sekali kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan di sini, sebab jadi tempat wisata andalan, pulau tersebut mempunyai banyak sekali fasilitas pendukung yang pastinya akan sangat memanjakan liburan Anda di Kepulauan Seribu, seperti halnya dengan kano, banana boat, Jet Ski, dan juga donut boat.

Menyelam dan juga snorkeling di perairan Pulau Tidung ini akan jadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan. Perairan Pulau Tidung tersebut memang sangat kaya dengan biota laut yang beragam. Selain itu, dengan menyelam, Anda juga dapat berinteraksi secara langsung dengan ikan-ikan kecil yang sedang berenang lincah dan bersentuhan dengan koral yang sangat beragam bentuk serta warna yang pastinya sangat cantik, sehingga tak heran jika Pulau Tidung ini jadi surge wisata di Kepulauan Seribu.

Anda juga tidak perlu membawa beralatan snorkeling sendiri. Sebab di sini sudah tersedia tempat penyewaan perlengkapan snorkeling, dengan biaya sekitar Rp 35 ribu rupiah saja.
Berkeliling ke Pulau Tidung pun dapat jadi pilihan yang paling menyenangkan, Anda dapat berjalan-jalan kaki berkeliling perkampungan dan juga berinteraksi dengan warna setempat atau pun dengan berjalan ke pantainya. Apabila Anda memang tidak ingin berjalan kaki, di sini juga sudah tersedia sepeda yang bisa Anda sewa. Ingin mencoba pengalaman yang lebih berbeda? Anda bisa mencoba sewa perahu nelayan, dengan perahu inilah Anda bisa berlayar ke pulau tetangga dan memacing di lautan lepas.

Jembatan cinta di Pulau Tidung
Jembatan cinta ini memang sudah jadi ikon Pulau Tidung, yang mana jembatan tersebut memiliki panjang sekitar 800 meter yang telah menghubungkan antara Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil, jembatan ini jadi spot favorit bagi para wisatawan yang datang ke tempat tersebut. Di setiap sore harinya, jembatan cinta di Pulau Tidung banyak dipenuhi oleh wisatawan yang ingin melihat pemandangan matahari terbenam khas Pulau Tidung yang cukup terkenal sekali akan keindahannya.

Jembatan ini juga jadi tempat anak-anak setempat terjun bebas dari ketinggian 6 meter. Tak perlu merasa ngeri, sebab anak-anak Pulau Tidung sudah terbiasa melakukan atraksi tersebut. Terjun dengan berbagai macam gaya lalu berenang dengan ceria.
Demikian informasi tentang Pulau Tidung, surga wisata Kepulauan Seribu. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *