Liburan ala Timur Tengah di Wisata Gurun Pasir Indonesia

Posted on

Gurun pasir tidak hanya bisa anda jumpai di jazirah Timur Tengah sana. Indonesia yang memiliki iklim tropis pun memiliki sejumlah gurun pasir. Meskipun tidak seluas yang ada di Timur Tengah namun suasananya akan mengingatkan kita dengan suasana yang ada di sana. Padang pasir yang ada di Indonesia terjadi karena beberapa sebab. Misalnya karena bekas penambangan material tertentu dan kemudian tanah yang terbengkalai membentuk gundukan pasir. Atau karena material yang terbawa dari letusan gunung berapi.

Wisata ala gurun pasir menjadi salah satu trend di media sosial. anda bisa menikmati sensasi liburan di tengah hamparan pasir luas. selain itu di sini anda bisa mencoba olahraga sand boarding yang sedang trend. Selain itu berfoto di tengah gurun pasir tentu akan memberikan anda kesan mendalam di momen liburan kali ini. nah, bagi yang penasaran dimana saja tempat wisata gurun pasir yang dimiliki Indonesia, berikut ini beberapa ulasan tempatnya untuk anda.

Wisata Gurun Pasir di Indonesia

1. Padang Pasir Oetune

Lokasinya di Pantai Oetune, Nusa Tenggara Timur. Selain menikmati indahnya pemandangan pantai yang memukau, tak jauh dari bibir pantai anda akan disuguhi hamparan gumukan pasir berwarna cokelat gelap khas Timur Tengah. Tempat wisata satu ini bisa menjadi paket hemat liburan anda. jadi selain menikmati pesona pantainya, anda bisa berlibur ke area padang pasirnya. Untuk sampai di kawasan ini memerlukan perjalanan selama 3 jam dari kota Kupang dengan tiket masuk 3 ribu rupiah.

2. Gumuk Pasir Rantebua

Gumuk pasir yang ada di Tana Toraja ini juga kerap disebut sebagai Gumuk Pasir Sumalu. Lokasi tepatnya di Kota Rantepao, Kecamatan Rantebua, Toraja Utara. Warna pasirnya memang bukan kecoklatan namun hitam gelap. anda memerlukan tenaga ekstra untuk berjalan di area gumukan pasir ini. namun perjuangan anda akan terbayar berkat pemandangan alam yang disajikan disekitarnya. Meskipun gumukan pasir, namun teksturnya cukup padat sehingga ketika dipijak tidak mudah longsor.

3. Bukit Pasir Busung

Pulau Bintan tak hanya memberikan pesona pantainya saja. Namun anda bisa mendapati area gurun pasir layaknya di kawasan Timur Tengah. Sebenarnya gurun pasir ini merupakan lahan bekas penambahan bauksit yang terbengkalai. Namun lahan tak produktif ini akhirnya membentuk gundukan pasir secara alami dan akhirnya disulap menjadi tempat liburan yang viral di media sosial. untuk masuk ke area wisata ini, anda hanya perlu membayar tiket sebesar 3 ribu rupiah.

4. Pasir Berbisik

Gurun pasir dengan warna hitam ini berada di kawasan Bromo, tepatnya di ketinggian 2000 mdpl. Hamparan pasirnya mampu mengeluarkan suara layaknya seseorang yang sedang berbisik. Suara bisikannya mampu terdengar jelas pada musim kemarau. Biasanya jika kita mengikuti paket tur Bromo, kita akan diajak menyambangi area pasir berbisik ini sekaligus. Anda bisa merasakan sensasi liburan di gurun pasir namun dengan lokasi di area pegunungan.

5. Gumuk Pasir Parangkusumo

Lokasinya diantara Pantai Depok dan Parangtritis Yogyakarta. Karakteristik pasirnya hampir sama dengan yang ada di Timur Tengah. Pasir-pasir ini merupakan hasil dari material gunung Merapi dan Merbabu yang terbawa arus Sungai Progo. Seperti wisata di kawasan gurun, anda bisa mencoba sand boarding yang saat ini sedang hits di kalangan anak muda. Untuk tiket masuknya sebesar 5 ribu rupiah. Anda bisa menikmati hamparan pemandangan gurun pasir yang seolah wisata di jazirah Arab dan Mesir.

Nah itu dia beberapa referensi tempat wisata gurun pasir di Indonesia yang akan mengajak anda berlibur dengan suasana layaknya di Timur Tengah.

One thought on “Liburan ala Timur Tengah di Wisata Gurun Pasir Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *